Pages

PostHeaderIcon Langkah - Langkah Memulai Bisnis (Mental Approach)

Salam...
Kali ini ane mau nulis mengenai sobat - sobat yang udah punya keyakinan alias mantap untuk berbisnis. Di artikel sebelumnya The Power of Mindset Orang Kebelet, Mr. Zada udah jabarin pentingnya memulai bisnis dengan menggunakan cara berpikir orang masuk WC. Ok sobat yang udah baca mungkin ada yang mengena dihati atau bahkan ada yang sampe menusuk ke relung jiwa (sedikit lebai), tapi dalam prakteknya memulai bisnis kita tidak hanya sampai disitu saja, perlu ada strategi - strategi dan perencanaan agar kita tidak salah langkah. Kan Mr. Zada pernah bilang klo melakukan sesuatu yang baik harus dengan cara yang benar, cara yang benar harus dilandasi sesuatu yang baik, itu bukan sekedar tagline semata dari Mr. Zada tapi dibalik itu ada makna yang terdalam (kayak lagu peterpan), gini - gini, ane kasih analogi, orang kalo udah yakin nyemplung ke kolam renang (kolam renang mulu, sekali - kali di empang ke'), iya deh di empang, iya kali dia mau langsung gejebur gitu aja, laaah kan Mr. Zada bilang klo mau bisnis jangan banyak mikir langsung action aja, iyeeeee maksud ane kan bukan ke bisnis tapi nyemplung ke empang, balik lagi ke topik, jadi pebisnis emang harus punya mental berani, siap untung, siap rugi dan bangkit (untung lagi), siap mengevaluasi (tambah untung), siap meminimalisir kerugian (makin untung), laaah qo' semuanya untung?, inget donk kan positive thinking, balik lagi ke gejebur di empang, sobat yakin sebelum gejebur ke empang di celana sobat ga ada dompet yang isinya duit jutaan beserta rekan - rekannya sim, stnk, kartu debit, kartu kredit, kartu gapleh, foto pacar/istri sobat, trus di saku depan sobat yakin I-Phone, Samsung Galaxy, BB, EverCoss, Oppo masih nongol di celana panjang sobat yang merk Levi's Original yang sobat beli dari toko resmi harganya Rp1,5 juta made Philliphines gitu, itu jam tangan Rolex Original Hand Made ga akan dicopot dulu?



 Nah di situlah kita perlu strategi dalam memulai bisnis, lepas dulu semua beban yang jadi ganjalan di pikiran kita. Nah sobat udah siap kan buat nyemplung ke empang, udah pake celana pendek doank. Eeeits jangan lupa sob pemanasan dulu, maklum lah Mr. Zada nih kan atlet Silat aktif jadi klo sebelum memulai latihan harus pemanasan terlebih dahulu biar gak cedera.


Iya sih bener kata Mr. Zada, trus korelasinya apa dengan strategi memulai bisnis, sabar dulu sob ini kan berupa analogi, ane ga mau donk klo misalnya sobat ujug - ujug gejebur di empang trus ga kelelep gitu aja gara ototnya ketarik di tengah empang. Sama kayak bisnis sob, kita perlu punya motivasi, passion, ma keyakinan yang kuat diimbangi dengan perencanaan yang matang. Sobat ga usah khawatir karena Mr. Zada ga akan ngasih  rumus - rumus rumit perencanaan atau strategi dalam memulai bisnis, sobat tinggal duduk manis di depan layar PC/laptop lalu baca deh dan dipraktekan.

1. Sobat tuh sukanya apa


Banyak orang merasa terjerumus dalam suatu lubang yang mungkin dia ngerasa ga akan bisa keluar lagi, ibarat kata nih sobat sukanya di dunia bisnis, eeeh tapi sobat ngambil kuliah jurusan akuntansi dan otomatis kerja jadi accountingnya perusahaan, mungkin sobat bisa dan mampu menjalanjannya akan tetapi batin sobat ngerasa "ini bukan gue banget", dan pada akhirnya hari demi hari sobat jalani cuma kalimat - kalimat yang bersifat keluhan yang terlontar dari mulut dan jeritan hati sobat. Sobat tau ini posisi yang sulit di satu sisi sobat bener - bener ga menikmati hidup karena ada rasa tekanan batin yang melanda diri sobat, di sisi lain klo gw keluar dari kerjaan sekarang yang ada dalam benak sobat, hari gini nyari kerjaan susah bos, udah syukur kerja juga. Nah maka dari itu sobat mulai sekarang perlu menggali lebih dalam lagi minat apa yang sobat sukai karena di situlah potensi besar sobat yang belum muncul ke permukaan.

Mr. Zada kasih contoh nih, samplenya bini ane sendiri Mrs. Zada (ssst jangan bilang2 yeee ntar dia ngambek), doi tuuh dari dulu semenjak pacaran ane lihat punya bakat di design (pokoknya yang menyangkut2 dengan keindahan deh), singkat cerita pas doi mau kuliah ane dulu sebagai calon imamnya, jiwa kepemimpinan ane tuh berkata bahwa doi harus kuliah di designer ato jurusan yang equivalence dengan bakat doi yang terpendam. Singkat cerita doi lulus dan kuliah di Institus Teknologi Telkom jurusan Teknik Industri dimana itu merupakan pilihan dari ayahanda tercinta doi. Berkat Doa ke Alloh, Alhamdulillah doa kita terkabul akhirnya doi bisa kursus jahit pas doi udah sarjana dan kita udah nikah ketika doi lagi ngandung anak ane. Walaupun kuliah doi ga sejalan dengan minatnya tapi dalam perjalanannya doi tuuh yang buka toko online ini loh pas masih kuliah. Karena mindset yang ditanam adalah minat kita merupakan profesi kita.

Banyak lagi contoh di luar sana yang udah jelas nyata terlihat, seperti Ricardo Kaka, Cristiano Ronaldo, Stephan El Sharaawwy, doi - doi punya penghasilan yang fantastis dari hobi yang dijadikan profesi secara profesional.













Kita Juga Sangat Bisa Seperti Mereka di Bidang yang Berbeda

2. Cari inspirasi donk

Saat sobat mentok dalam berpikir mau bisnis apa, mau buka usaha apa, eeeh malah muncul pikiran katanya Mr. Zada cari yang sesuai hobi atau minat, tapi gimana yaaah qo' ga nyambung yah dengan bisnis, sobat ga perlu risau dan ga perlu gundah gulana, sobat cuma perlu inspirasi. Trus gimana cara dapetin inspirasinya.

Sobat cuma perlu nenangin bathin sobat, tangin pikiran sobat, buang beban - beban ngeberatin pikiran sobat. Sobat bisa lakukan dengan cara beribadah, merebahkan badan, membaringkan badan sambil memejamkan mata dan diiringi dengan doa "Ya Alloh berikanlah aku Inspirasi untuk memulai bisnis yang barokah, aku yakin inspirasi yang datang dariMu adalah sebaik - baiknya inspirasi", mungkin apabila sobat punya doa sendiri bisa diatur - atur aja sama sobat. Lakukan beberapa kali sob, karena inspirasi itu datangnya di tempat, waktu, dan posisi yang berbeda pada masing orang, bisa langsung saat itu ataupun dari kejadian - kejadian tertentu yang merupakan sebuah clue dari doa sobat.
 
3. Lakukan dengan enjoy


Tagline ini bukan pembenaran sebagai pemalas loh sob. Ketika sobat udah dapat inspirasi yang mungkin sejalan dengan hobi/minat sobat atau mungkin yang bertolak belakang dengan sobat. Tunggu dulu sobat jangan bermain logika tapi ikuti kata hati, karena kalo kita sudah main dengan logika, pikiran kita termanipulasi oleh logika kita yang muncul. Sebagai contoh ane tuh cowok yang bisa dikata penggila olahraga, dari mulai pencak silat(ane kan jadi atlet kota Bandung), sepakbola, futsal, tenis, badminton, balapan, basket, voli, tinju, tarung bebas semua ane doyan. Eeeeeh mau dikata apa inspirasi yang muncul dari setelah ane doa malah mau ngembangin bisnis yang lagi dijalanin istri ane yaitu bisnis baju cewek. Ane pikir - pikir ni inspirasi bener ga yah tapi ane stop karena klo ane terus berpikir malah otak ane termanipulasi sama logika yang muncul, ane langsung  pejemin mata dengan baca basmallah sambil rebahan tiduran dan diiringi dengan doa minta petunjuk ke Alloh. Muncul "zink". Mr. Zada apaan tuh zink? Menurut kamus sastra Mr. Zada, zink itu bermakna kata hati yang munculnya paling pertama. Lah trus apa hubungannya dengan bisnis? Gini sob, kalo kita tarik kesimpulannya kita harus yakin pada semua proses yang kita jalani, nikmati dan jalani dengan enjoy, semua proses itu bukan sebuah kebetulan loh sob. Sebagai contoh peristiwa - peristiwa yang sobat alami dimulai dari lihat my-zada.blogspot.com, lihat konten - konten artikel & informasi lanjut lihat produk - produk yang kami jual, tadinya cuma penasaran sama artikelnya, eeeh qo' barang - barangnya ok punya niih, sobat mungkin mulai meminati barangnya, sudah sobat beli qo' rasanya malah pengen menjalin kerjasama bisnis yang profesional barokah, dan seterusnya sobat karang sendiri (ilustrasi ngarep, hehehe, amin). Kalo kita sudah merasakan enjoy dalam menjalankan sesutau dimana itu bukan sesuatu yang dipaksakan, InsyaAlloh kita bisa jadi orang sukses sob. Banyak succes story orang besar dimana dia meninggalkan apa yang bukan passionnya lalu dia beralih profesi secara total dan menikmatinya.

4. Tidak melulu soal uang


Berpikir menjadi orang kaya dan sukses itu hak siapa saja sob, tapi bijaknya kita punya filter untuk tidak menjadi budak uang, kita harus punya keyakinan bahwa setiap kita sudah punya takaran rezeqi masing - masing dan kita mengambilnya dengan cara yang baik dan benar yaitu doa, ikhtiar dan tawakal. Dalam bisnis banyak faktor yang dapat menjadikan orang tersebut sukses. Tidak semata - mata pintar saja, tapi harus memiliki integritas dan kredibiltas yang mumpuni. Orang serakah bisa kaya, orang licik bisa kaya tapi orang jujur pun bisa lebih kaya, orang sholeh/sholehah bisa kaya, orang taat beribadah bisa kaya. Maka setelah sobat yakin terjun dalam bisnis yang sobat yakini carilah rekan bisnis sobat yang sobat rasa paling cocok, cocok dalam keuntungan maupun cocok dalam sistem dan yang terpenting karakter rekan sobat merupakan karakter orang yang bisa dipercaya bukan si culas, si licik, si serakah.
 
 5. Sukses itu menikmati proses

Mr. Zada ga akan banyak cakap mengenai hal ini karena Mr. Zada menyarankan sobat untuk menikmati proses sobat untuk meraih kesuksesan. Ada teori sukses itu tidak instan, di buku lain juga ada teori mempercepat datangnya rezeqi, kalo menurut Mr. Zada sih nikmatin aja semuanya soalnya semua proses kehidupan kita itu ada kejadian - kejadian unik yang bisa kita ambil hikmahnya. Filosofi roda perlu kita terapkan pada mental kita, jangan selalu jadi pengeluh ketika kita susah dan jangan jadi sang jumawa ketika nikmat. Bagi Mr. Zada kesuksesan yang haqiqi itu ketika kita masuk surga karena tidak ada tolak ukur sukses di dunia kecuali dibatasi dengan rasa syukur.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi sobat - sobat yang membaca. Amin.
 Sebaik - baiknya  manusia, yaitu manusia yang bisa memberikan manfaat baik bagi orang lain.
Jangan lupa yaaah sobat, baik agan maupun sista buat lihat - lihat porduk dagangan kita. Semoga ada yang cocok buat pake sendiri dan mudah - mudahan agan dan sista berminat untuk menjalin kerjasama bisnis, kita sangat siap dan terbuka. Semoga kebarokahan melimpah dalam kehidupan kita. Amin.

Best Regards,
Mr. Zada

0 comments:

Post a Comment